Kamis, 11 Desember 2008

BuKiT BeNgKiRaY

SELAMAT DATANG DI KALIMANTAN TIMUR

Tempat wisata yang terletak di antara Balikpapan- samarinda. agak jauh dari jalan utama. kalau kita berangkat dari balikpapan, maka bukit bangkiray terletak di kiri jalan..lebih tepatnya terletak pada Km 38 jalan raya Soekarno Hatta Balikpapan Samarinda, merupakan kawasan wisata alam berupa hutan alami yang masih asli. Kawasan wisata alam ini berada di areal PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI) dan diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 oleh Mantan Menteri Kehutanan Ir. Djamalluddin Suryohadikusumo. tempat wisata ini sangat penting untuk pelestarian hutan tropika yang basah (semacam museum gitu lah...)

Hm....tinggi sekali yah pohon ini..berapa kaki yah tingginya ?

view alam yang natural benar-benar terlihat indah. Bukit hutan yang asri terasa sejuk. Nyaman sekali untuk melepas kepenatan sejenak..sayang sekali tidak banyak yang memanfatkan daerah ini sebagai villa yang sejuk.daerah menuju tempat wisata ini juga masih belum bagus jalannya (saya tidak terlalu paham,masih belum bagus ataukah sudah tidak bagus lagi. mungkin yang bisa menjawab adalah pemerintah daerah ajha kali yah)...

Canopy Bridge (Jembatan Tajuk),merupakan jembatan yang menghubungkan pohon canopy satu dengan pohon canopy yang lain. tingginya kira-kira 25-30 meter dari permukaan tanah dengan panjang keseluruhan 64 meter. pohon ini 5 pohon Bangkiray.
Dari atas jembatan dapat dilihat view yang menarik yaitu formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae sebagai ciri dari Hutan Hujan Tropis yang cukup indah dan membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung. . . . hm....keren deh.

awalnya kami berkunjung..sempat frustasi, yah karena perjalanannya yang sangat panjang dari jalan utama. seperti mau ke Balikpapan saja (krena saya berangkatnya dari samarinda). hampir saja kami ingin kembali. tapi malu rasanya kalau belum menikmati keindahan bangkiray.

angelina Jolie pernah ke bukit bangkiray ini
ga percaya?
buktikan ajha. buka situs tentang bintang cantik ini. itu pula yang membuat bukit bangkiray ini seolah punya nyawa.
yah..nyawa nasionalisme.
saya sih agak agak tersinggung, orang bule ajha sudah menikmati keindahan daerah wisata kita. masa kita engga.. wah nasionalisme tergerak juga nieh....makanya jadi semakin penasaran. bayangan saya sieh hutan belantara nan hiiiiijauuuu. ternyata dugaan saya benar 100 %. hehehehehe

Apa keunikannya?
Hm.....perjalannya yang jauh dari kota. benar-benar asri untuk kita yang mungkin tidak terbiasa dengan suasan hutan. saya tekankan..untuk yang tidak terbiasa, makanya saya merasa memahami mengapa orang amerika seperti angelina begitu takjub dengan suasana di sini. hijau..benar-benar fresh..saya suka

setelah perjalanan yang melelahkan..kita sampai di jalan nan berbatu. laiknya jalan desa, saya pikir kami akan salah jalan, ternyata benar! kami melanjutkan perjalanan. kemudian sampai di gerbang untuk membayar retribusi. biasalah untuk pembangunan tempat ini. saya pikir tak masalah
masuk ke dalam . ......saya takjub ternyata banyak semacam villa kecil dan makanan yang harganya masih terjangkau. rasanya ? enak juga...seperti mie goreng/rebus, nasi goreng dan nasi rames atau campur.
ketika masuk, kita membayar yang disesuaikan dengan jenis kendaraan. saya belum bertanya bagaima kalau kita jalan kaki. gratis ga yach hehehehe. tapi apa ya ada yang jalan kaki. kurang kerjaan banget. kalo ya...hm....mungkin akan sampai 3 minggu di tempat itu.

okay..lanjut....pertama kali memasuki daerah "rawan", kita disuguhi jembatan kecil yang terbuat dari tali, tentu saja yang kuat. kalau untuk orang kalimanan asli, mungkin ini bukan hal yang unik. yah kira-kira 1 meter lah. kemudian kita jalan di jalan yang penuh pohon. wuah keren..apaalgi kalau hujan..becek tak ada ojek heheheh..bukan..kalau anda menyukai tantangan. ini baru keren!
lumayan lelah untuk mencapai daerah tujuan. kira - kira hm....10-15 menit. kemudian kita sampai di tulisan..selamat datang di Bukit Bangkiray....nah
perjalanan lagi dan sampailah kita di tempat tujuan

JEMBATAN MAUT
hehhehehehe saya menyebutnya begitu karena benar benar buat kita merinding...jembatan ini di buat tahun 1998 (rasanya) oleh orang luar negeri (kenapa bbukan SDM kita yah). dan sebentar lagi mungkin sudah tidak layak pakai karena lebih dari 10tahun. nah buat anda yang belum pernah segera datang dan uji adrenalin anda !
hm..untuk menguji adrenalin kita harus membayar 30 ribu per/orang. hm...naik jembatan kira-kira 5 jembatan dengan tinggi 200 meter (saya lupa bawa meteran hehehe). ...nah mulailah jembatan maut ini membuat jantung saya berani berdetak dengan sangat kencang..jujur saya takut. tapi mau gimana lagi, mau mundur ..engga la yaw...kapan lagi merasakan sensasi ini. ..panjangnya sekitar 10 meter lah yah. dengan lebar hanya 1,2 meter heheh. saya pikir ini terbuat dari akar, tapi ternyata dari tali-tali yang kuat. saya bayangkan..gimana kalau tali ini rapuh dan patah yah. bagaimanapun usia saja ada batasannya apalagi untuk tali yang buatan manusia.

Pada Kawasan Bukit Bangkiray terdapat rumah panjang yang dapat di pergunakan untuk ruangan sarasehan atau ruang serba guna yang berbentuk rumah adat dayak dengan kapasitas 50-70 orang. yah semacam villa and ada hotel juga untuk anda yang ingin menghabiskan week end bersama istri dan keluarga.cukup bersih dan sejuk.reservasinya juga cukup di tempat yang sama. saya lupa berapa harga semalamnya. oya jangan takut untuk tersesat, jalannya hanya satu and jika anda ragu..bertanyalah maka semua orang akan menunjukkan rute jalan yang benar. kali ini memang benar pepatah..malu bertanya sesat di jalan. have a nice day

harapan saya semoga pemerintah daerah memperhatikan wisata yang cantik ini.
perlu anda coba sensasi adrenalin anda.
pesan saya : Jangan membawa anak di bawah 12 tahun !