Selasa, 30 Desember 2008

TIPS KE LEMBAGA KONSULTASI PSIKOLOGI

3 Tahun terkakhir ini sudah banyak orang yang menyadari manfaat dari seorang psikolog, dari yang hanya ingin tau mengapa dirinya jadi tiba-tiba pendiam, tidak ada tempat curhat (psikolog mempunyai kode etik untuk merahasiakan data dan masalah kita), sering merasa iri,ditolak Dokter karena bolak-balik berobat namun tak kunjung sembuh, merasa ada teman yang selalu mengikuti, mengapa semua orang membenci kita, merasa stress, merasa selalu ingin marah, memiliki penyakit akut,ingin tau tentang diri kita, merasa coba-coba untuk tes kepribadian, tes bakat, tes scolastik, tes pekerjaan, tes psikologislah de el el, sampai merasa dirinya sudah melupakan semua hal (skhizofrenia). atau misalnya membutuhkan pembicara dalam sebuah seminar, pelatihan, motivator, atau psikolog pribadi (di barat, sudah banyak yang menggunakan jasa psikolog pribadi dari usia 10 tahun hingga tua). kapan di Indonesia?

Agar lebih efektif dan efisien ada baiknya anda mengetahui tips-tips pergi ke konsultasi psikologi . kita lihat yuuuuuks..

TIPS- TIPS :
1. Ketahuilah dengan jelas tujuan anda pergi ke konsultasi psikologi/petakan masalah anda.minimal masalah anda saat ini !
mengapa demikian, karena problematika kehidupan kita sangat kompleks. Di psikolog, masalah anda akan di petakan /dikotak-kotakkan agar lebih sistematis dan akan di bahas satu persatu. nah..apabila anda blank..dan tiba-tiba datang ..tentu anda harus menyiapkan anggaran yang tidak sedikit bukan? hitungan psikolog adalah perjam sehingga akan sangat mahal apabila anda tidak efisien, kecuali anda mempunyai psikolog pribadi atau datang ke puskesmas yang tarifnya di hitung per datang, bukan per jam.


2. Ketahuilah dengan jelas spesifikasi psikolog yang anda butuhkan dan akan anda kunjungi.
sekarang ini ada pembagian psikolog seperti psikolog klinis, psikolog industri, psikolog perkembangan anak, psikolog sosial,dan psikolog pendidikan.sebenarnya semua mampu melakukan yang anda inginkan, namun akan lebih hemat dan tepat sasaran apabila anda merasa membutuhkan konsultasi mengenai usaha baru yang akan anda buka dengan psikolog industri dan pergi ke psikolog klinis apabila anda merasa ada yang tidak beres dengan diri anda (sakit batuk yang tidak sembuh, merasa jantung berdebar-debar, merasa di benci semua orang, merasa diri tidak berguna dll)....itu hanya contoh kecil.

3. ketahui tarif perjamnya
hal ini penting apabila budget yang anda sedikan kecil. tiap konsultasi/biro berbeda-beda tergantung jam terbang psikolog tersebut, tempat dan tujuan hidup psikolog tersebut. jadi jangan malu untuk menanyakan berapa perjamnya dan biaya pendaftarannya.

4. persiapkan diri untuk mengetahui psikolog lain apabila anda di rujuk
beberapa psikolog di barat (di Indonesia belum) sering merujuk klien apabila di rasa pasien tidak kooperatif (berbohong, depend,diam,proyeksi dan tidak datang pada tiap kali jadwal pertemuan). nah apabila anda percaya dengan psikolog anda, biarkan saja psikolog anda merujuk anda pada teman profesinya , namun apabila anda akan pindah tempat..ada baiknya anda mempunyai informasi mengenai psikolog tujuan anda.

5. anda harus JUJUR
hal ini penting banget. di psikolog (apalagi psikolog psikoanalisa) akan mencari benang merah untuk mengetahui mengapa anda menjadi seperti ini. oleh sebab itu, jika anda sudah bertekad untuk mengunjungi psikolog. jujurlah pada diri anda dan psikolog. toh semua demi perbaikan diri anda.selain agar cepat menemukan masalah anda, beban anda pun terasa berkurang.jika anda tidak ingin jujur berarti anda tidak ingin masalahnya selesai dan itu artinya anda hanya membuang waktu untuk datang ke psikolog.

6. Anda harus memiliki target khusus
sampai kapan anda berkunjung ke psikolog. 5, 6 atau 10 kali pertemuan? atau ketika anda merasa diri anda tidak nyaman?

7. Percaya pada feeling anda
seperti pergi ke dokter..jika anda sudah datang ke psikolog selama 6 kali pertemuan dan tidak ada perubahan apapun.saran saya....PINDAH !!! masih banyak janda-janda muda di luar sana..eh salah masih masih psikolog yang bisa membantu anda. ingat setelah 6 kali pertemuan. jika 1 kali pertemuan anda pindah. wah bisa-bisa shoping psikolog dunk.

8. Hindari malpraktek
gimana ? tanya apakah psikolog tersebut sudah termasuk dalam anggota Psikologi (HIMPSI)dan memiliki ijin praktek dari lembaga HIMPSI.Bagi psikolog praktek yang merupakan anggota Himpsi Jaya, mereka dilengkapi dengan Tanda Praktek Psikolog. Bentuk Tanda Praktek Psikolog ini berupa kartu plastik / ID berwarna ungu dan bertuliskan Tanda Praktek Psikolog disertai dengan foto ybs berikut nama serta nomor Ijin Prakteknya serta masa berlakunya Ijin Praktek dengan latar belakang logo Himpsi (contoh terlampir). Setiap psikolog yang melakukan praktek psikologi akan dapat memperlihatkan kartu ini/atau Surat Ijin Praktek Psikolog yang masih berlaku.

hm...itu tips-tips yang bisa anda gunakan sebelum pergi ke psikolog. baru itu sih ide saya.nanti apabila ada lagi akan saya update.
moga bermanfaat yah....jangan segan juga untuk konsultasi di dunia maya.
murah dan cepat.namun bagaimanapun face to face sangat dianjurkan untuk keberhasilan intervensi.
good luck dan bahagia selalu.....

2 komentar:

entong mengatakan...

bagus nieh artikelnya...

BIRO PSIKOLOGI MATA V HATI mengatakan...

makasih yah....