Selasa, 01 Maret 2011

LaporanPsikologi

Membuat laporan psikologi pastinya sudah di lakukan asesmen sebelumnya agar data yang diolah atau dibuat laporan menjadi valid dan sesuai dengan keadaaan diri klien.hal ini dapat memberikan sumbangan yang bagus bagi pemahaman klien akan keadaan dirinya. battery tes asesmen biasanya digunakan untuk asesment membuat evaluasi psikologi. Metode yang digunakan biasanya dimulai dengan hasil wawancara,tes terstruktur, tes tak terstruktur, observasi dengan perilaku yang relevan. hasil yang diperoleh dari bermacam-macam metode itu biasanya di organisasikan,diintegrasikan dan dikomunikasikan dalam laporan psikologis.
seorang psikolog klinis dapat membuat format laporan yang berbeda dari umumnya, yang penting dapat memudahkan analisa untuk penanganan /proses terapi selanjutnya.tujuan dari membuat laporan psikologi klinis adalah untuk media komunikasi antara pembuat lappora dengan penerima laporan.
berbgai profesi yang menerima laporan psikologi adalah orang tua klien, instutsi sekolah, profesi lain semacam psikiatri anak, psikiater, dokter, ahli hukuk/pengadilan dll
bahasa yang digunakan untuk penerima laporan harus menjadi perhatian bagi pembuat laporan. misalnya laporan untuk ortu klien berbeda dengan penerima laporan dari ahli neurolog ataupun psikiatri.




a. format umum terdiri dari
identitas : nama, umur, tanggal kelahiran,alamat,no telpon, tempat pemeriksaan, tanggal assesment dan nama pemeriksa serta penanggung jawab laporan.
permintaaan referal
Sejarah sosial/keluarga dan konteks yang berjalan
hasil observasi perilaku
Administrasi tes yang terdiri dari hasil tes, kesimpulan, rangkuman dan gaya tulisan
b. mengintegrasikan data asesmen

Tidak ada komentar: