Selasa, 09 Desember 2008

jadikan relaksasi sebagai gaya hidupmu




kenapa?

toh ke mall, ke pantai dan tidur di tempat yang empuk,dan AC sudah membuat kita relaks. okay?jika itu pilihan anda. ga salah! tapi apakah itu efektif untuk diri anda. diri anda secara keseluruhan. untuk badan kita, untuk pikiran kita dan untuk alam bawah sadar anda. anda masih belum terlalu mengerti untuk alam bawah sadar. alam bawah sadar itu adalah alam di luar ketidak sadaran kita. misalnya kita keNcewa dengan pasangan. sangat kecewa tapi karena kita tidak asertif. semua kekesalan kita simpan, kita biarkan..di dalam hati anda "toh entar hilang sendiri" dan kekecawaan anda terus menumpuk. anda hanya diam. anda merasa..toh aku tidak apa-apa kok. aku tetap gendut. aku tetap ceria. eitttt..jangan remehkan. anda pernah merasa begitu cuek dengan lingkungan disekitar anda? anda pernah tidak pernah merasakan rindu, merasakan cinta dengan seseorang? bahkan ketika melihat pengemis tua, kumel (lha iya lah pengemis gitu loh), pokoknya yang sangat memelas. anda hanya tersenyum sinis. atau ketika ada teman yagn curhat tentang kisah cintanya yang tragis. anda hanya berucap..ugh masalah lo sih ga ada apa-apanya ama gue. sekalipun itu ada di dalam pikiran anda...ketahuilah bahwa alam bawah sadar anda menyimpan banyak sekali masalah - masalah anda. dan biasanya yang terjadi adalah "NAMELESS"

apa tuh...nameless itu kekosongan jiwa. hati anda kosong. anda tidak punya rasa kasih sayang, cinta , dan iba. dan semua sampah-sampah pikiran anda harus dibuang dan dibersihkan . dengan apa? menangis boleh lah..tapi jangan sampai menangis bombay lo yah...bercerita dengan teman? boleh. tapi piihlah teman-teman yang anda percaya. bercerita dengan orang yang tepat. psikolog mungkin ??? sip! itu semakin bagus. masalahnya anda harus mengeluarkan dana untuk ini. kalau anda ada budget tambahan sieh..ok ok ajha. tapi kalauu dana terbatas dan anda hanya ingin anda sehat secara mental, secara psikologis? ikuti guide relaksasi yang sering saya gunakan untuk merelaksasi pasien ringan...sebenarnya akan lebih bagus apabila anda ke psikolog untuk belajar relaksasi. pertama saja. berikutnya anda bisabelajar sendiri. oya relaksasi ini sudah dikembangkan menjadi item-item yang banyak. seprti relaksasi easybirthing (mudah melahirkan), relaksasi untuk kecemasan berbicara, relaksasi untuk insomnia, relaksasi untuk perawat, relaksasi untuk bidan, relaksasi untuk dokter, relaskasi untuk ibu-ibu, relaksasi untuk orang yang depresi de el el. tapi ga papa saya kasih guide relaksasi umum yah...

1. cari posisi yang membuat anda nyaman
2. longgarkan pakaian anda...kalau bisa lepas semua yang berbau logam atau emas
3. duduk di kursi malas atau kursi yang ada sandarannya
4. dengarka lagu-lagu relaksasi seprti kitaro, mozart, atau instrumentalia
5. tutup mata anda agar lebih berkonsentrasi lagi
6. dan hapalkan guide ini. atau anda rekam. saya punya cd nya kalau anda mau saya bisa kirim...
7. siap...

- Tarik napas Anda perlahan-lahan. Anda dapat menghitung 1-2-3-4 saat menghirup udara. rasakan udara masuk ke dlm hidung Anda, terasa nyaman. Rasakan perut Anda terangkat sewaktu Anda menarik napas ke atas dan kebalik tenggorokan Anda. Badan akan terasa lemas. (Sewaktu menghembuskan napas, katakan dalam hati ”keluar 1-2-3-4-5-6-7”.) Jangan hembuskan udara lewat mulut.

- tarik napas panjang (napas panjang yangbenar adalah yang perlahan-lahan dari napas perut)..(tahan 5 menit)

- rasakan udara yang begitu segar masuk ke dalam rongga hidung anda....
-hemnbuskan perlahan-lahan.........yak badan akan semakin lemas (ulangi hingga 5-7 kali)

- sadari bagian-bagian tubuh anda...rambut, kepala, mata, hidung.....bibir...lidah...mulut......leher..bahu..pundak...tangan..perut....dan kaki anda

-sadari bagaimana bagian-bagian tubuh anda itu bekerja untuk anda
- rasakan detakan jantung anda.......(5 menit rasakan)....anda ucapkan syukur pada jantung anda...terimakasih jantung

- rasakan udara...., cium baunya, rsakan segarnya rasakan 5 menit)....terasa nyaman bukan? napas anda menjadi semakin nyaman dan lega......ok ucapkan di hati anda..terimakasih udara

- lakukan ke semua bagian badan anda..hingga 10 menit

-Pertama arahakan perhatian Anda pd tangan kiri Anda terutama lengan Anda.

-Genggamlah tangan kiri & buatlah satu kepalan. Buatlah kepalan tadi keras-keras dan pelajari ketegangan di tangan dan lengan bawah kiri Anda.
-Pelajarilah sensasi ketegangan tersebut. Dan sekarang lepaskan kepalan Anda. -Perhatikan antara ketegangan dan relaksasi dan ketegangan (10 detik).
- Sekali lagi kepalkan tangan kiri Anda keras-keras. Perhatikan ketegangan tersebut dan sekarang lepaskan. Biarkan jari-jari tangan Anda membuka.
............Rileks, & perhatikan perbedaan antara ketegangan otot & relaksasi otot (10 detik)

-Sekarang lakukan hal yang sama dgn tangan kanan Anda. Genggamlah tangan kanan Anda & buatlah satu kepalan. Pelajari ketegangan itu (5 ’) & sekarang rileks. Lemaskan kepalan tangan Anda. Perhatikan sekali lagi perbedaan antara ketegangan & relaksasi dan nikmati kontak antara ketegangan dan relaksasi (10 detik). Sekali lagi genggamlah tangan Anda. Genggam kuat-kuat. Pelajari ketegangan itu. Dan skr lemaskan kepalan Anda. Biarkan jari2 membuka dg enak & nyaman. Perhatikan sekali lagi perbedaan antara ketegangan & relaksasi.
- Perhatikan rasa santai yg mulai berkembang di lengan, tangan kiri & tangan kanan. Ke2 lengan tangan kiri & tangan kanan sekarang lebih rileks .....Bila Anda menegangkan otot2 Anda, Anda juga telah melemaskannya. Anda telah memperhatikan perbedaan antara ketegangan & relaksasi otot. Anda dapat mengenal apakah ketegangan di otot-otot Anda ada, apabila ada, Anda dapat berkonsentrasi pada bagian tersebut, perintahkanlah otot-otot tadi untuk lemas, untuk rileks.

-Sekarang saya akan menghitung dari lima sampai satu. Bila saya mencapai angka 1, bukalah mata Anda, rentangkan badan Anda & bangun.

5... badan Anda akan terasa nyaman, otot-otot bahu Anda telah rileks,

4..... perut dan badan Anda terasa lebih ringan dan nyaman,

3, Anda merasa lebih senang dan bahagia,

2....Anda merasa bugar, sehat walafiat, tidak kurang sesuatu apapun,& satu ...Anda akan bangun dg perasaan yg lebih baik dr sebelumnya.

Ya..silahkan Anda buka mata Anda!
nah....untuk pemula gunakan musik yah. cari tempat yang tenang dan bayangkan segala sesuatu yang membuat anda rileks. kalau anda auditori boleh mendnegarkan suara burung, air dll. akan lebih efektif apabila anda mengerti tipe kepribadian anda. ok guys...kalau masih kurang nyaman.hubungi psikolog pribadi anda !
sukses dan jangan takut untuk mencoba

Tidak ada komentar: