Selasa, 09 Desember 2008

pelatihan relaksasi

Pelatihan relaksasi easybirthing
untuk menurunkan kecemasan persalinan
ibu hamil pertama trimester III

Pelatihan relaksasi di indonesia sudah mulai berkembang.Seperti cara menurunkan kecemasan berbicara di muka umum (utami, 1992, UGM), cara menghilangkan gangguan tidur atau insomnia (purwanto, 2004, UGM)dan masih banyak lagi. berbicara mengenai penelitian tidak afdol apabila kita juga tidak berbicara mengenai pengalaman relakasi yang telah saya lakukan...relaisasi dari ilmu yang di dapat di kampus UGM benar-benar telah saya aplikasikan di sebuah puskesmas di kota yogyakarta.

1. seorang pria berusia 30 tahun takut akan jarum suntik. pasien rujukan dari dokter gigi. sudah hampir pingsan ketika di bawa ke ruangan saya. saya bimbing dia dan setengah jam kemudian, pria tersebut sudah bisa tertawa dan mau untuk di suntik bius. relaksasi dalam waktu 30 menit lumayan lama sih tapi karena ini trauma lama, jadi membutuhkan waktu untuk membongkar traumanya.
2. ibu muda yang takut terkena serangan jantung..saya relaksasi 20 menit...alhamdulilah sembuh.
dan masih banyak lagi..terakhir saya membuat tesis dengan judul diatas.
penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan persalinan pada ibu hamil trimester III.

subjek penelitian adalah 10 orang ibu hamil di boyolali berusia 20-35 tahun.
telah menikah dan tidak mempunyai penyakit bawaan seperti diabetes, asma dan gangguan obstetrik lainnya.
palatihan di lakukan selama 5 kali pertemuan dengan durasi waktu 2 jam.
hasilnya :

1. secara kuantitaf...ibu - ibu hamil tersebut menurun kecemasannya (kelompok eksperimen)

2. secara kualitatif ..mereka mengaku lebih tenang, merasa percaya diri, lebih mampu mengontrol emosi dan hasilnya hubungannya dengan sang suami menjadi harmonis.serta yang palingpenting lebih yakin dalam melakukan persalinan. lebih siap dan percaya diri akan lahir normal dan sehat baik ibu dan anak.

3. subjek CN, seorang guru smp di salatiga.berusia 26 tahun.. mengontrol kandungannya ke RB di boyolali kaerna bingung selalu ingin buang air besar. ketika di periksa? pembukaan 7 dan 1 jam kemudaian keluarlah sang bayi dengan normal. 1 jam saudara saudara dengan presentasi bokong....alias sungsang. dokter yang menangani sampai terheran-heran. subhanaallah....

4. subjek KH adalah guru SMA. baru merasa akan melahirkan setelah di beri petuah oelh seorang pedagang tahu..dia tidak mengira bahwa ini adalah saatnya melahirkan. begitu periksa??? pembukaan 5 dan 4 jam kemudiam melahirkan. denga cepat, mudah dan tidak sakit! kerenkan

5. subjek DW, NT adalah dua peserta yang paling malas melakukan relaksasi. bagaimanapun ia bisa menjalani kala II dengan cepat. dan ketika bersalin. mereka tampak tenang, kooperatif dan mudah keluar bayinya serta...ibu dan bayi lahir normal.

6. En subjek yang juga jarang melakukan relaksasi setelah pealtihan berakhir.
pembukaan 1-7 agak lama. namun setelah pembukaan 7 langsung lahir dengan normal dan mudahserta nyaman. subhanallah.....
yang mau share silahkan....talk about relaksasi, hypnobirthing ataupun relaksai easybirthing. modul juga ada...silahkan

Tidak ada komentar: