Kamis, 08 Januari 2009

coretan laptop (dah ga pake pena soale) untuk dee n Reza Gunawan

Sedih juga setelah baca blog dee (alamtnya ada di blog ini juga..tuh di sebelah kanan anda). mereka curhat mengenai kinerja para paparazi indonesia (apa di barat gitu juga yah?)yang tidak menghormati privasi mereka (tapi bukannya kalau emang jadi orang terkenal emang harus begitu, siap untuk digosipkan ? iya sih tapi tidak dengan asal begitu kali yah).memutarbalikkan fakta dengan berharap bahwa berita yang mereka tayangkan akan laku untuk dikonsumsi publik..
saya tahu sekali bahwa mereka tdk bermaksud untuk mengatakan kejelekan kinerja mereka, dee dan reza hanya kecewa dan kekecewaan mereka emang harus di katarsiskan agar tidak menjadi penyakit hati. itulah gunanya blog dan anda bertugas membaca dan mengetahu kebenaran yang sebenarnya. langsung dari sumbernya (gitu kata salah satu slogan infotaiment).

pagi itu..karna kelaparan kupanggil yuk pembantu kos untuk membuatkan sepiring nasi goreng hotchik dan segelas teh panas. ditemani berita terhangat tentunya menambah hangatnya suasana jogja yang beberapa hari ini hujan terus. maunya sih dengar berita berita yang ringan eh tau-tau yang muncul di hadapanku ebrita tentang dee dan marcel. Duh 2 selebritis yang kuidolakan.beritanya mereka bercerai. kusedih deh. (aneh padahal mereka bukan siapa-siapaku, tante bukan, om bukan, bahkan mereka ga kenal ma aku , ya enggak?).ku senang dgn marcel dari lagu-lagunya dan sikapnya yang melow, eh menikahlah dengan dee. wah dee apalagi. waktu mereka bertiga sih aku tidak terlalu suka, tapi waktu dee berhenti dari mereka dan membuat buku pertamnya supernova. hm..dari situ kecintaanku dengan dee di mulai.kuselalu mengikuti beritanya tapi karena akhri2 ini sibuk dengan tesisiku, lumayan kaget ketika mereka bercerai. dan aku sedikit agak keceewa dengan dee karena berpaling duluan dari marcel dan menyalahkan kehidupan (kenapa, apakah ketika hati sudah enggan untuk bersama,kitaboleh bercerai?begitu mudahnya sebuah ikatan pernikahan yang sangat sakral?).aku sempat marah. bagaimanapun opini kita terbentuk dari tayangan infotainment. tapi untunglah blog dee menyadarkan aku. bahwa menghujat orang tanpa tau yang sebenarnya sangat tidak manusiawi sekali. maka berhati-hatilah memberikan tayangan infotaiment yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. benci dan suka masyarakat indonesia masih bersumber dari TV/tipi, radio dan majalah.

dulu waktu jalan dengan seorang artis...kami bertiga mengantarkan untuk berenang. bersama 3 orang teman ku duduk dan melihat sang artis berenang. tiba-tiba ada seorang perempuan bertanya (sumpah gue ga tau kalau itu wartawan).mbak perempuan itu tidak mengatakan jati dirinya..bilang kek, maaf mbak bisa wawancara? tau gimanalah. masa tidak pernah belajar PPKN (hehehe jaman SD sopan santun itu PPKN.tau sekarang jadi apa)..wartawan itu tanya bak seorang teman biasa. ugh sebel...
kata wartawan kepada teman saya "mbak temannya mas ....itu yah?"
sang teman " iya mbak , kenapa?"
wartawan : "sudah lama mbak ke surabaya?"
sang teman : "oh iya ..kita menemani mas...karena dia minta di temani . kan jarang-jarang mas.. ke sby jadi kita datang."
just it saudara-saudara. hany itu komentar dari kami, tapi apa yang muncul di majalan?
" artis A..sedang berlibur di surabaya di temani oleh seorang perempuan bernama B (nama teman saya ) dan sedang di intip oleh wanita gendut yang selalu menonton A berenang. matanya tdk lepas dari A yang sedang berenang . mereka mengatakan bahwa mereka adalah fans beratnya dan sedang menunggu di hotel .sampai jam berapapun meraka rela asal mendaptkan tanda tangan sang artis"

laa illahaillalah......fintah itu ! siapa juga yang fansnya. ugh....belum lagi reaksi dari teman gendut saya heheheh. alhasil teman saya yang gendut langsung marah-marah. tapi..ya itulah sama seperti dee dan reza. apa mau di kata. sudahlah ..capek juga !

hati-hati memberikan informasi karena itu bisaberarti fitnah. konsep yang diberikan asal (asal bapak senang) dapat membuat asosiasi dari pembaca dan penikmat berita sesikit banyak terkontaminasi.jadi ketika konsep yang ditawarkan adalah konsep seperti realita misalnya "dee bercerai karena telah bertemu dengan reza dan kemudian meninggalkan marcel". nah asosiasi kita berarti..dee adalah perempuan tidak benar karena telah meninggalkan marcel. hello....hati-hati dunk dengan konsep ini.
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar konsep (ellis dan Hunt, 1993)itu ada lho seperti :
1. tugas
nah tugas itu ada 3 seperti
- contoh-contoh positif /contoh2 negatif : contoh kata-kata dee dan marcel atau info
- atribut -atribut yang relevan atau tidak : relevan kalau mendukung kalo tidak mendukung untuk kelarisan berita maka dihilangkan oleh pembawa sumber. hiks kasian.
- konteks bahasa :nah pernah dengar kan salah satu infotainment yang pembawa acaranya dengan menggunakan ontonasi yang hm....seolah-olah itu berita benar. ch ch...hati-hhati dengan intonasi. jangan terlalu mendramatisir dunk.

2.gambar dan kata-kata
tuh seperti yang di protes dee..wartawan memotret rumahnya tanpa ijin untuk di jadikan berita yang aktual

3. perbedaan individu
nah ini lah...masyarakat kita kan belum semuanya mengenyam pendidikan dan moral yang tinggi yang bisa memfilter mana yang benar dan tidak.
jadi tolonglah sebelum mengeluarkan statment...berfikirlah..dan rasakan..bagaimana seandainya itu terjadi pada anda ?
karna sebal dengan berita dee dan marcel yang telah membuat hatiku sakit. kumatikan saja tipinya. karna dia yang telah membuat hatiku sakit. kuteruskan makan nasi gorengku dan kubiarkan saja mbak-mbak sok tau itu mengoceh seenaknya. teruskan mbak menggosip dan rasakan karmanya nanti.
cari uang boleh tapi tidak harus menghalalkan segala cara. sakit hati itu tidak enak. perasaan itu bisa membuat kehidupan kita tidak nyaman. seperti pagi ini..tiba-tiba hatiku sedih. kuyakin karena berita itu
ah kuhidupkan tipi lagi. dan ada lagu-lagu ..nah ini dia...baru asyiiiiikkkkkk


2 komentar:

Jevandra mengatakan...

yah..ini bisa

BIRO PSIKOLOGI MATA V HATI mengatakan...

iya..habis coba-coba..di komentar kuapusin semua heheheh
makasih ya mas