Minggu, 11 Januari 2009

Narsistik? sudah menjadi gaya hidup?

istilah narsis sudah menjadi bagian dari gaulnya kita. tanpa tau arti sebenarnya, kita malah bangga kalo dibilang narsis. gaya dikit, bilangnya wah narsis loe, friendster byk foto...narsis, sering gaya narsis, lewat di mall yang ada kaca trus ngaca..narsis. wah padahal kalo mau arti sebenarnya itu dah mreupakan gangguan kepribadian loa. tapi era sekarang mah emang senang yg berbau-bauan, bau menyan, bau melati, mau jengkol eh sudnya senang mencari sensasi kali yah. kaya itu tuh yg sering dg bangganya pake baju..tahanan mertua. napi nusakambangan, dll deh.
Menurut sejarah dari buku yg gue baca (ye iyalah masa lo yg bikin, belum waktunya kali) narsis itu adalah nama seorang pemuda tampan dari yunani namanya NARKISSOS yg cinta dengan bayangannya sendiri. dimanapun ia berada selalu ajha ngaca, di air ngaca, sering ngelamun untuk membayangkan dirinya (zaman dulu ga ada mall yg berkaca, jadi di air dah cukup). nah karna self lovenya yg udh ga wajar maka dia di ubah oleh dewa (bukan dewa 19 lo ya, dewa betulan ini)menjadi bunga, yg sekrang kita kenal sebagai narcissus (wah kok gue ga kenal yah. kallo kenalan di mana ya.pernah liat ga?)
mau tau ciri-cirinya apa? lanjut yuk..kalau kamu emang merasa itu mirip ma diri kamu, berarti...selamat anda menjadi sbagian dari keluarga narsis, tapi kalau engga..ya baguslah..

kalau bahasa gaulnya sieh narcisstic personality disorder

BANGGA AMA PUJIAN DAN DIRINYA SENDIRI
kalau bicara selalu mendominasi dan diakhir cerita biasanya mengarah pada kemampuan dirinya sendiri. biar orang lain tau kalau dirinya hebat. kebutuhan yg pertama kalo kita kan makan, nah kalo orang yg narsis ini ya perhatian dan pujian. apapun mau dilakukan asal hasil akhir adalah pujian.
tips :kalau kamu ketemu ma orang ini, dan kamu adalah orang yg pandai bermulut manis (baca:menjilat) maka hidup kamu dunia akhirat akan damai sejahtera sentosa. puji selalu jika ia berpakaian bagus ( padahal si biasa-biasa ajha, eh tp jgn terlalu sering, nanti ga manjur). biasanya pakaian yg digunakan warna terang atau aksesoris yg mencolok. tujuannya..ya biar orang lain memuji to ya.

EMPATINYA KURANG
tau empati kan..itulah welas asih, pengertian dan perhatian ma orang lain yg sedang kesusahan itu sedikit sekali (ya iyalah, orang dia lagi butuh kita sebagai orang yg bisa memujinya, gimana dia mau merhatikan urusan kita)
tips : kalau kamu lagi sedih, sebaiknya ga usah bertemu dg orang tipe ini dulu. makan ati bow

BIASANYA POLA PIKIRNYA DETAIL, TERORGANISIR DAN TINDAKAN YG DILAKUKAN SELALU BERAKHIR INDAH ALIAS BAIK
ya iyalah, karna ingin dipuji, jadi selalu ingin menjadi yang terbaik. biasanya orang ini perfesionis dan ingin selalu sempurna.
keuntungan ; kalau satu team dg orang narsistik ini, kamu bisa mengandalkan dia, tapi siap-siap semua kerjaan dia yang mengklaim dirinyalah yg mengerjakan semua.
orang-orang ini biasanya lebih berhasil dalam karir dan pekerjaan.

PD BANGET
ya iyalah...sechara gitu loh. kalau orang ingin dipuji pastilah karna merasa ada kelebihan di dalam dirinya.

sebenarnya narsis yang normal itu bagus, tapi kalau berlebihan jadi g bagus (lha iyalah sesuatu yg berlebihan emang g bagus)
narsis yg normal itu seperti apa?kalau normal biasanya disebut self interest :
Menghargai pujian, but ga butuh sebagai self esteemnya. kalau narsis lapar akan pujian, dan merasa lebih baik apabila dipuji. jadi kalau lagi down, yg dibutuhkannya adalah pujian.

kadang-kadang terluka kr kritikan (wajar lah) n kalo orang narsis akan marah dan down (sedih yg dalam) kalau dirinya dikritik. seakan akan dunia hancur dan tidak ada lagi manusia yg menyukainya.

merasa dirinya spesial pake telor eh itu mah martabak yah..merasa spesial karna memiliki bakat dan unik. kalau orang narsis merasa dirinye berbda dari orla dan meminta penghargaan untuk kemampuan yang orang lain ga bisa melakukannya.

empati dan perduli pada orang lain kalau orang narsis tidak sensi ama kebutuhan orang lain, memperngaruhi dan menguasai mereka sampai dia merasa puas karna tujuannya tercape.

menrima masa lalu sebagai bagian dari kehidupan, meski itu menyakitkan dan merasa tidak stabil untuk sementara. orang narsis ? biasanya langsung marah, stres dan depresi.

itu sedikit dari tanda-tanda gangguan narsistik, biasanya orang yang narsis memiliki teman hanya untuk menyalurkan bakat terpendamnya alah..sudnya orang ini akan berteman dan melakukan apa ajah pada orang yg mau memujanya dan akan selalu di jaga demi rasa self importance mereka. ya karna orang ini merasa berhak mengekploitasi orang lain demi kepuasan mereka. ssasttt bahkan mereka menikah hanya agar di puja puji oleh pasangannya. tapi orang ini biasanya seknya yahud, karna akan menyenangkan pasangannya demi...mendapat pujian. walah capekkk dechhhhh !



Tidak ada komentar: