Selasa, 09 Desember 2008

konseling perkawinan(beda wanita dan istri)

artikel ini bisa di baca oleh siapapun..wanita dan pria. untuk wanita manfaatnya banyak banget. bagi yang akan menikah artikel ini dapat digunakan untuk bahan renungan dengan calon. tetapi bagi yang sudah menikah...tentu lebih bisa untuk dijadikan referensi...


1. persiapan untuk menjadi seorang istri, ternyata tidak mudah menjadi seorang istri
2. tau apa yang di inginkan pria dan suami
3. evaluasi diri
4. persiapkan diri untuk menghadapi perilaku suami
5. untuk kehidupan kita yang lebih baik..kita? yah bisa untuk kita sendiri, suami, anak, orang-orang disekitar kita.
nah..untuk kaum pria?...evaluasi dan kenali diri kamu. karena ternyata ..menurut survey..laki-laki atau si suami itu juga tidak tahu mengapa mereka begitu .
terutama sekali, artikel ini dibaca untuk pasangan yang akan menikah. konseling pra nikah gitu so...mari kita bahas bersama

1. sebelum menikah tanya komitmen bersama antara anda berdua. apakah kita boleh kerja atau tidak setelah menikah. yang anda perlu ketahui..laki-laki bujangan lebih menyukai wanita dan seorang pria yang telah menikah lebih menyukai istri. (ya iyalah suami kan pasangannya istri?).eit bukan itu inti masalahnya. pria akan mengidamkan, mengidolakan dan mencintai wanita. who's a women? wanita itu adalah....seseorang wanita yang belum menikah, cantik seksi, bacground keluarga kaya, manja, imut, karyawan bank, direktur perusahaan,manager eksekutif, dosen yang sibuk, psikolog yang pengertian dengan jam terbang yang tinggi de el el....ok, ketika menjadi seorang pria, betapa beruntungnya kita sebagai wanita yang dikaruniai berbagai keberunutngan di atas. tapi kalau sudah menjadi "istri". wah.... sepertinya karakteristik wanita di atas malah akan menjadi bencana untuk kita. why ? ya karena ketika kita menikah, suami sebenarnya hanya menginginkan seseorang yang bisa masak, bersih-bersih rumah (tidak harus bersih rumah,pembantu juga bisa, yangpenting urusan rumah beres), menjaga dan merawat anak,yang pasti membuat anak kita terlihat lucu, gendut, smart, tidak kekurangan kasih sayang dl dl, jago di ranjang, kapanpun suami pulang ada yang menunggu....masalah karier yang lagi top, lagi jadi orang terkenal, seksi (malah bencana nieh, kalau bisa kita mau pake cadar senang banget deh tuh suami), jam terbang tinggi. itu bonus. karena hal terpenting adalah tugas sebagai istri. jangan langsung percaya. tapi silakan amati perilaku anda, sekeliling anda dan siapaun orang terdekat anda.
2. tempat tinggal
mau tinggal dimana? pondok indah mertua?rumah sendiri, ngontrak, atau kos? kalau anda ingin tinggal di pondok mertua, anda harus kenali mertua anda tipe yang bagaimana, persiapkan diri anda untuk beradaptasi. dan satu hal perkembangan anak akan lebih bagus apabila anda berdua yang mengasuh. karena biasanya...kakek nenek lebih cinta cucu daripada anak. nah anak anda akan tumbuh dengan kasih sayang yang berlimpah, sedikit tanggung jawab de el el yang kita tahu, apapun yang namanya berlebihan itu kurang bagus. rumah sendiri? diskusikan mengenai aturan rumah tangga misalnya siapa yang mencuci, siapa yang menyeterika, menyapu, mengepel dll (jika tidak ada pembantu, cos sekarang pembantu muahaaaal!!). untuk kaum pria jangan pernah merasa melakukan pekerjaan rumah tangga adalah penjajahan. selama istri dan suami bekerja untuk mencari nafkah. sah-sah ajha kok berbagi tugas. masalah istri durhaka dengan suami...eit beda lagi pembahasannya....nah kalau ngontrak?
ini lebih sulit karena...anda harus berhemat dan rajin melakukan perhitungan keuangan kalian berdua.
3. komitemen untuk masalah keuangan
wow..ini masalah paling rawan! buat aturan bersama apakah menggunakan uang suami sebagai uang belanja dan uang hasil istri digunakan untuk menabung . atau suami cuek ajha. tidak perduli kemana uang hasil kerjanya (ga masalah kalau itu..asik2 ajha). ingin membuat tabungan bersama? atau segala sesuatu harus ada rincian? nah hal kecil kalau tidak didiskusikan bisa jadi bencana besar lho.
4. wahai wanita....siapkan diri kalian dengan perubahan kaum pria
seorang suami biasanya akan memiliki siklus yang hampir sama "cuek dan terkesan tidak peduli dengan istrinya".apalagi kalau sudah punya anak. para suami berpendapat bahwa kerja keras dan memberikan uang, hadiah, rumah ,mobil de el el itu adalah tanda cintanya mereka kepada kaum perempuan.sementara istri tetaplah seorang wanita yang masih ingin anda perlakukan seperti pacaran ..yah dengan panggilan mesra: honey, yank, baby, cantik, say, dan seribu panggilan lain.surprise kecil dihari istimewa. decak kagum (nah ini yang paling sulit dilakukan pria), pujian (ini juga sulit, kecuali ada maunya...misalnya masakan mamah enak deh, besok papah boleh engga pulang malam?)wuaaaaa....
seorang teman berkeluh kesah...dia takut untuk menikah karena tidak ingin kehilangan kasih sayang dari pacarnya. kekasihnya yang selama ini mengejar dia, selalu memberikan perhatian yang berlimpah (telpon 7 kali sehari, minimal), tanya sudah makan apa belum,lagi dimana, kabarmu gimana de el el.sering memberikan hadiah kecil, surprise kecil, bahkan selalu mengatakan kerinduan yang amat sangat dan 1 hal....ketakutan kekasih untuk berpisah dengannya. itu yang sangat ia takutkan. sang teman mengatakan bahwa ia tidak siap kehilangan semua itu.rasa dicintai dan diinginkan. cos kalau sudah menikah, laki-laki melupakan dua hal itu. saya, hanya bilang..sampai kapan kamu siap?(karena kita tahu bahwa siklus laki-laki memang begitu). tugas kita sebagai perempuan? ya memberitahu perilaku dia. seringlah berkomunikasi. karena itu penting dan wajib!!
5. kebebasan berekspresi dengan lawan jenis
nah lo...ini harus jelas kkomitmennya. tidak bagus bagi seseorang yang sudah menikah untuk mendekati lawan jenis. kecuali atas sepengathuan istri dan ada misi pekerjaan. bekerja lho yah. jangan mengerjai hehehe. sifat dasar laki-laki adalah ingin melindungi. ini yang bahaya. laki-laki yang membiarkan dirinya untuk menjadi teman curhat wanita haruslah berhati-hati. fase perselingkuhan biasanya terjadi lewat transaksi ini. lho kok transaksi sih. maksudnya lewat fase-fase begini..ketika sang perempuan bercerita dengan kesedihan yang mendalam, menangis, tersengak sengak dan semacamnya. laki-laki yang mendengarkan akan mendengarkan, iba, berempati, ingin membantu memecahkan masalah, lama-lama timbulah transference...ingin melindungi, menyayangi dan tidak ingin dia terluka. jadilah...eng ing eng....SETIA selingkuh tiada akhir.tapi kita jadi bertanya..bisa ga ya suami di larang seperti itu? ibarat pasir..semakin di genggam semakin banyak kita akan kehilangan suami kita. tapi jangan salah ada lho yang saya temui..seorang kolega yang saya temui adalah seorang suami yang tampan, tinggi, putih, punya usaha dimana mana, baik, rapi, yah dandanan esmud lah, santun, pengusaha yang sukses dan punya keluarga yang terlihat bahagia.beliau tidak mau duduk berdekatan dengan saya.saya menghargai keputusannya dan saya tanya..kenapa? beliau bilang suami teman-teman istrinya 95& ketauan berselingkuh. nah lo. nah istrinya sangat pencemburu sehingga tidak mengijinkan suaminya untuk bertemua wanita ataupun relasi wanita (ini mah keterlaluan banget yah). jadi dia menghindari hal ini..saya lalu bertanya..anda tidak keberatan dengan hal ini? beliau menjawab...tidak juga, saya bahagia dengan keluarga saya. ibarat makan, saya sudah kenyang dengan nasi. jadi saya tidak keberatan dengan larangan istri saya. oh so so sweet.....benar-benar suami idaman.
6. wahai wanita...anda harus cantik
yah..ini wajib. biasanya seorang wanita yang telah menikah lupa merawat diri. padahal laki-laki sangat menyukai keindahan....dan ini adalah bargaining seorang wanita. di sebuah kafe yang ada dugemnya (sekali-kali kita harus tau tempat seperti ini) seorang sahabat menegur teman pria saya (teman bukan pacar)..eh lu ngapain sih selingkuh, istri lu udah seksi, baik, kaya, cantik lagi. bego amat lu selingkuh. nah cantik jadi harus wajib bagi seorang istri. coba kali istrinya gendut,berantakan dan jarang berdandan. pasti respon teman bisa jadi begini..pantes ajha lu selingkuh. ga beda pembantu ma istri hehehehehe just kidding low...
7.jangan pernah merasa bahwa kita mengenal pasangan kita dengan baik.sangaaat mengenal.manusia itu dinamis. jadi selama kita hidup berumahtangga dengan dia, anda akab belajar mengenai perilaku dia seumur hidup anda hidup dengannya...seorang klien yang depresi mengadu kepada saya...."saya tidak menyangka dia akan meninggalkan saya, saya sudah 23 tahun mengenalnya. dia seperti menjadi laki-laki bajingan yang pernah saya kenal." 23 tahun! hidup berdua pula!so..teruslah belajar mengenai pasangan anda ..dengan berkomunikasi dan peka. tentu saja!
8. jangan tertipu dengan label
anda seorang wanita? jangan terlalu PD bahwa anda selalu merasa di cintai suami anda. suami anda pria keren. ugh siap-siap diselingkuhi hehehe. suami anda esmud muda nan berhasil. siap-siap juga. atau anda tenang karena suami anda laki-laki dengan agama yang kuat.siap-siap di poligami hehehehe. kapanpun persiapkan diri anda. namun jangan terlalu takut. rasa takut yang anda ciptakan dan anda hadirkan setiap hari juga dapat menjadi kenyataan. so enjoy ajha. selingkuh or polligami..udah disiapin. suami baik2 ajha pe kakek nenek....alhamdulillah!
hm....sepertinya itu dulu konseling keluarga kita. semoga bermanfaat dan tunggu artikel lainnya.

Tidak ada komentar: