Senin, 05 Januari 2009

Hati-Hati skizofrenia dapat terjadi pada anda !!

Skizofrenia ? apa tuh

Beberapa waktu yang lalu teman dunia maya (chating) bertanya mengenai skizofrenia. dan ketika saya jelaskan tentang skizofrenia. dg santai dia berkata "Hm..kasian banget yah..kutukan apa gimana sih tuh." dia terkejut ketika saya katakan bahwa pria lebih mudah terkena penyakit ini dibanding wanita. eh dia malah komentar "ah lu sirik aja ma gue. " what ? im serious man!"
emag apaan sih sebenarnya ?
gangguan kepribadian apa ?
ok jika anda tidak tahu, sekarang anda hrs tahu karena penyakit ini tidak pandang bulu mau bulu kuduk, bulu monyet, bulu kaki semua bulu.alah... maksudnya skizof ini bisa menyerang siapapun. tidak pandang dokter, artis, pejabat, orang miskin, gelandangan (apalagi yah), dosen dan...kita
Jika anda ingin tahu lebih banyak secara ringan dan santai, nda harus pergi ke RSJ, saya tidak menyarankan karena berbahaya.lebih baik anda menonton film beautiful mind...wah film yang cantik karena anda dibawa untuk merasakan bagaimana menjadi orang gila. bagi mahasiswa psikologi, film ini salah satu film yang harus bin wajib di tonton.
oya WHO aja memperkirakan bahwa sekitar 24 juta orang diseluruh dunia mengidap skizofrenia dan hapir sama dengan negara maju dan berkembang. dan pemerintah USA menyediakan ekiar 30 miliar dolar AS untuk penanganan penyakit ini..
Apa sih skizofren itu ?


skizofrenia adalah penyakit pervasif yang mempengaruhi lingkup yg luas dari proses psikologis ditandai dengan kemunduran yang jelas fungsi-fungs kognitif (otak),dan fungsi sosial. namun biasanya tdk menghilangkan kepintarannya (fungsi intelektual).

anda patut waspada jika..
1. Anda laki-laki/ pria
mungkin karena laki-laki jarang untuk mengungkapkan perasaannya kali yah.semua serba di pendam dan akhrinya tersimpan di alam bawah sadar. ibarat tong sampah yang penuh,jika tidak dibersihkan ya jadilah bom waktu ...gila man !
laki-laki lebih cepat usia terjadinya(simtom-simtom biasanya pada remaja atau dewasa awal)

2.Anda senang sendiri..tenggelam dalam dunia sendiri. sesekali bolehlah kita py ruang private tapi kalau anda sudah tidak nyaman jika berinteraksi dengan orang lain. wah patut waspada itu. segera berdiskusi dengan ahli jika anda merasa orang-orang mulai menjauhi anda. tidak nyaman dengan sikap anda.

3. GEnetis..jika turunan anda ada yang memiliki penyakit ini. misalnya kakek, nenek, bude atau ortu kita. biasanya penyakit ini juga keturunan lho. makanya saya sangat sejutu dngan pepatah jawa dalam mencari pasangan hidup. harus meperhatiakn bibit, bobot,bebet dan apa yah..lupa hehehehe.
bibit itu ya gen..makanya kalau kita sudah tahu bahwa pasangan kita memiliki keturunan ini, sebaikya dihindari. memang berat tapi kalau anda tidak mempermasalahkan hal ini. ya ini bukan masalah sih..
tapi menurut penelitian di amerika dan yang gue amati di RSJ terbesar di jawa tengah. rata-rata penyebab utama ya karena genetis ini.

4. anda seorang pengguna zat adiktif (narkoba,miras)
sudah bukan rahasia umum kalau penggunaan narkoba secara rutin dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan otak. sewaktu praktek di RSJ, aku menemukan seorang cowok cuakep, kaya pula. ditempatkan dalam bangsal khusus yang terjaga. bisa sembuh sih, tapi tetap tidak bisa seperti sedia kala. helloo..apakah uang bisa membeli segalanya ?

5. faktor modeling/mencontoh..anak yang dibesarkan dalam lingkup skizofrenia lebih cenderung untuk mengidap penyakit ini.

6. faktor biokimia
hai-hati jika anda sering mengkonsumsi obat penenang. walau itu rekomendasi dari dokter sekalipun

7. Kecelakaan yang menyebabkan kepala plus otak terganggu

8. Stroke

9. infeksi virus (rubella, nama virusnya cakep tapi jangan jadikan sebagai nama anda yah). ini sih masih dalampeneltiian yang dilakukan di Jerman. belum ada penelitian lanjut mengenai hubungan yang signifikan antara virus rubella (campak jerman)dengan skizofrenia.

10.Ketidaknormalan otak
ini terjadi ketika lahir. makanya ibu-ibu hamil,pria yang akan menghamili kekasihnya kemudain berniat menggugurkan. iya kalau anak itu meninggal. kalau anak itu hidup? setelah di campur dengan anggur merah, narkoba dan alat-alat serta obat2 penggugur kandungan lainnya? berbahaya karena itu dapat merusak fungsi otak. yah kemudian muncul anak hiperaktif,downsindrom dll.
Ibu yang stres ketika hamil pun bisa menjadi penyebabnya. wahai kaum suami, sayangi istri anda ketika hamil hehehehe...setelah tidak hamil (terserah anda ).saya terenyuh bin terharu binti ingin menangis ketika praktek di slah satu panti asuhan cacat ganda. kebayang ga panti asuhan cacat ajha udah serem eh ini cacat ganda. subhanaallah... mereka padaumumnya masih seperti anak-anak yang berusia 5-12 tahun padahal mereka sudah berusia 20 tahun. baik secara kognitif maupun fisiknya atau perilakunya. dan rata-rata itu karena anak yang dibuang karena gagal menggugurkan kandungan.

Tidak ada komentar: