Senin, 05 Januari 2009

Where's Ur Love?




Lihat Kartu Ucapan Lainnya
(KapanLagi.com)



Di majalah remaja, banyak artikel mengenai cinta. kalau di bahas mah ga akan ada habisnya. ada yang bilang cinta itu indah, sandal jepit rasa coklat hehehe. hm..kalau menurutku sih cinta itu so simple...saling menyayangi, membutuhkan dan ada tujuan bersama yang disepati bersama dan kalau bertemu...selalu ingin mengapresiasikan rasa cinta. Harus take n give..iyalah. basi ajha kalau kita menyayangi n pasangan kita engga. nah kalau menurut Brigham (1991) ada 6 bentuk cinta or love style. waaahhh..gue yang mana yah ?
sekedar ingin tahu bagaimana gaya cinta anda..discus bareng yuk ?


1. cinta romantik bukan rokok makan gratis lho yaaaa
ini biasanya terjadi saat pandangan pertama. fisikly? ya iyalah..namanya juga pandangan pertama pasti dengan orang yang cakep or cantik. inner beauty? ntar dulu,bukan bagian yang ini...

2. cinta memiliki
nah ini biasanya yang dialami oelh orang yang baru jatuh cinta atau remaja sampai dewasa awal. tandanya nieh ada aroma kecemburuan, mudah terobsesi dengan pasangan, tergantung banget (makan pagi, siang dan malam selalu berdua..anak kos nih biasanya heheh). pokonya emosional banget. pengalaman emosionalnya kuat banget

3. cinta kawan baik
cinta ini biasanya berawal dari "jalaran soko kulino".dari persahabatan kemudian berkembang menjadi sebuah percintaan. ciri-cirinya , bijaksana, hangat,, saling percaya, pengertian dan sarat dengan persaudarann. rasa sayangnya tinggi banget. hm....kaya gue ga yah ?

4. Cinta Pragmatic
cinta yang menuntut keserasian dalam pasangan. sesama pasangan kumpul kebo eh maksudnya diantara berdua saling memuaskan kebutuhan ddasar masing-masing dan biasanya melibatkan banyak pertimbangan logis dalam menentuan pasangan. seperti (hm...dia cocok ga ya ma cara pandang hidup gue? dia bisa mengerti kebudayaan di dalam keluarga gue ga yah? dia bisa jadi kepala keluarga ga yah?} wah ini mah biasanya dilakukan oleh orang2 yang udah mapan dan siap untuk berumah tangga. hm..gue banget kale heheheh

5. cinta altruistic
cinta yang di dalamnya itu ada perhatian, selalu ingin memberi, selalu siap memberikaan segudang maaf untuk pasagnannya, rela berkorban. seperti selalu memberi tanpa meminta. unconditional positive regard...laksana sebuah lagu "kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanyamemberi tak harapkembali, bagai sang surya menyinari dunia" wuakakakakak lagu zaman SD. masih apal gue ternyata. nah begitu blogger setia..tapi bukan berarti ini cintaibu dan anak lho yah. maksudnya cinta tulus gitu. jadi memberikan cinta tanpa mengharap untuk di cintai. wah sakit bow!

6. cinta main-main
hm..palyboy kabel !tak ada hubunga yang bertahan lama, kala bosan selesai dan siap untuk hunting yang baru.asyik ...menaikkan adrenalin..
biasanya hanya just fun dan menghindari komitmen. hayo? kamu kah itu?
selanjutnya no comment deh untuk yang ini.

Nah sekarang pasti anda sering bertanya-tanya kenapa sieh dia bisa memberikan cinta dengan tulus, mengapa sih dia tidak nyaman untuk mengungkapkan cinta atau perasaan hatinya,mengapa dia begitu halus perasaannya de el el. ternyata eh ternyata itu semua bersumber dari perkembangan anak-anak yang model cintanya di dapat dari orang tua mereka. jadi hati-hati lho dalam berperilaku terhadapa anak-anak. jika anda memperlakukan pasangan anda dngan cuek beybeh. bukan tidak munkgin anak anda akan bersikap sama seperti anda.

kenapa begitu karna bayi akan mengadopsi salah satu gaya relationship ang ditunjukkan orang tua terhadap mereka. seperti secure, avoidant, anxiois/ambivalent.
seperti apa pula tuh gaya itu..

yah kalau anda tipe yang percaya dan cinta kepada pasangannya, stabil dan tenang makan itulah gaya secure attachment style.

kalau avoidant style seperti suka meninggalkan, cuek, tidak responsive dalam percintaan...hm...kalau dalam dunia perpolitikan orang ini jadi suka korupsi setelah itu pergi keluar negeri dn menitipkan harta jarahan di bank swiss untuk kemduian melenggang kangkung. wah wah nak enan!

anxious atau ambivalen ? dalam membuat sebuah relationship cenderung ragu-ragu, bingung, tidak tentu dan selalu membutuhkan saran orang lain sebagai pegangan hidupnya. mudah terombang ambing. plin plan
semua itu sih bukan karena faktor pola asuh saja, ttetapi pengalaman berinteraksi dengan orang lain juga akan berpengaruh terhadap hubungan cinta anda.


Tidak ada komentar: